Rabu, 18 Mei 2011

"Internet"

Dari sejarahnya, internet telah dipakai pertama kali di Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam bentuk jaringan komputer bernama ARPA (Advanced Research Project Agency). Kemudian terbentuk jaringan komputer ARPANET menghubungkan dua Universitas (UCLA dan Stanford). Dari perkembanganya hingga tahun 1981 telah berkembang sebanyak 200 situs dan istilah ARPANET pun berubah seiring meluasnya komunikasi jaringan komputer ini menjadi istilah Internet (Interconnected Network).


Internet atau Net merupakan jaringan (network) yang mengandung dua atau lebih komputer (sendiri/stand alone atau jaringan kelompok/clients/group) terhubung satu dengan yang lain melalui saluran telepon, kabel optik, gelombang radio dan satelit dengan media pengaturan dan penyesuaian data (modem).
Internet membutuhkan teknologi atau perangkat keras meliputi komputer dengan kelengkapan minimum, Modem dan saluran telepon. Jika perangkat komputer tersebut melebihi kelengkapan minimum diatas akan sangat baik dalam
internet dengan jenis hubungan multimedia (audio/video dan download/upload).

Hardisk yang besar memang dibutuhkan untuk menyimpan file-file yang pernah dibuka dari browser (history), alamat web yang disimpan khusus (favorite) dan penyimpanan sementara loading gambar saat proses penampilan. Ram (Memory) yang besar mampu mempercepat proses loading atau transfer data sehingga tampil. Tipe komputer di kelas processor Pentium/AMD sangat baik digunakan sebagai pengolah data untuk di transfer dan data audio/video.
Modem menggunakan kualitas transfer internasioanl yaitu sebesar 56 kbps sehingga mampu mempercepat waktu
loading, downloading & uploading data.
Selain ketiga hal tersebut, dalam proses internet, faktor yang juga berpengaruh dalam transfer data adalah kondisi
tingkat kepadatan dan luas jalur data (bandwidth).

Kondisi jalur data yang penuh atau padat terutama pada jam-jam kerja atau waktu tertentu karena banyak orang yang menggunakan internet dalam waktu yang sama, sehingga mengurangi tingkat kecepatan transfer data di internet. Sedangkan kondisi bandwidth yang kecil juga menghambat kecepatan dan efisiensi waktu transfer. Kemampuan menyediakan bandwidth yang luas merupakan kelebihan yang banyak ditawarkan Internet Service Provider (ISP) saat ini. Carilah ISP yang baik dan berkualitas jika mau langganan internet di rumah supaya tidak boros pulsa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls